FAQ

Berikut Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan kepada kami terkait sistem bursaneka.com, Alangkah baiknya bila Anda mempelajari FAQ ini sebelum bertanya kepada kami.

Apabila tidak menenmukan jawaban di halaman ini silakan hubungi kami.

Pembelian

Pembeli dapat melakukan pembelian menggunakan akun yang sudah pernah terdaftar di Bursaneka. Atau sebagai tamu Untuk memesan barang, pembeli cukup klik tombol “Beli atau Beli Sekarang” pada produk yang telah dipilih dan melengkapi data pesanan di halaman isi data pengiriman dan mengikuti langkah yang tertera.

Pembeli dapat memesan lebih dari satu barang oleh bursaneka yang sama atau bursaneka / produk yang berbeda melalui Lanjutkan Belanja. Perhitungan biaya kirim secara otomatis menghitung untuk masing-masing produk/ bursaneka.

Atau Pembeli cukup klik tombol “Beli atau Beli Sekarang” pada Produk yang dipilih, maka secara otomatis barang tersebut akan masuk ke Keranjang Belanja.

Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui beberapa metode:

VirtualSaldo
VirtualSaldo adalah sebuah dompet virtual yang dimiliki setiap pengguna Bursaneka guna menyimpan dana hasil bursaneka an, dana hasil pengembalian (refund) transaksi dan komisi affiliasi.

Transfer
Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui transfer bank ke rekening atas nama xxxxxx yang tersedia di bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.

Pembeli tidak dapat membatalkan transaksi setelah melunasi pembayaran.

Pembatalan dapat terjadi bila

Sistem menolak pesanan.
Produk dinonaktifkan dari Bursaneka.
Transaksi dibatalkan atas kesepakatan bursaneka & pembeli.

Pembeli dapat cek nomor resi pengiriman yang diberikan oleh bursaneka di halaman Transaksi kalau barang telah dikirim.

Jika nomor resi benar tapi barang tak kunjung diterima maka segera hubungi pihak kurir untuk mendapatkan status pengiriman.

Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan proses refund terjadi, yaitu:

1. Bursaneka menolak pesanan karena stok habis, perubahan harga, maupun alasan lainnya yang menyebabkan pengiriman tidak dapat dilakukan.
2. Bursaneka tidak memasukkan nomor resi sebagai bukti pengiriman barang.
3. Kelebihan pembayaran.

Jika salah satu dari hal di atas terjadi, dana akan dimasukkan ke VirtualSaldo Bursaneka Anda dan dapat Anda gunakan kembali untuk berbelanja di Bursaneka.
Apabila terdapat kekurangan/kerusakan/ketidaksesuaian barang pesanan, silakan melakukan konfirmasi tidak terima barang terlebih dahulu pada halaman konfirmasi penerimaan barang dengan klik tombol "Retur", agar pembayaran tidak langsung diteruskan ke bursaneka hingga permasalahan diselesaikan.

Pembeli dapat melakukan pengembalian (retur) barang jika tidak sesuai deskripsi. Langkah pengembalian barang :

1. Lakukan konfirmasi barang diterima
2. Pilih "Retur" jika barang akan dikembalikan
3. Hubungi Bursaneka (cs@Bursaneka.com) maksimal 1x24 jam disertai penjelasan dan gambar barang

Jika pembeli tidak mengikuti aturan di atas, maka proses retur akan dibatalkan. Bursaneka akan menahan dana hingga ada kesepakatan (pembeli dan bursaneka ) apakah dilakukan pengembalian barang atau tidak.
Affliliasi
Url affilasi dibuat otomatis oleh system, kode ini akan menempel di semua halaman, produk, artikel saat Anda login
Besaran Nominal komisi affiliasi ditentukan oleh bursaneka.
Setiap ada pembeli yang membeli sebuah atau lebih produk yang Anda promosikan melalui url affiliasi Anda maka Anda berhak mendapatkan komisi sebesar nominal komisi affiliasi dari produk-produk yang berhasil Anda promosikan tersebut.
1. Pastikan sudah upgrade untuk program Affiliate Marketing Bursaneka
2. Login melalui Akun Anda. Kode referral Anda akan menempel di semua halaman, produk maupun artikel
3. Share produk atau toko di bursaneka ke media sosial atau instan messneger, gunakan Tombol Share yang telah disediakan

Untuk mendukung promosi affiliasi, kami telah menyediakan berbagai tools yang dapat dimaksimalkan untuk mendukung kegiatan promosi Anda.

1. Tombol Share ke social media Anda
2. Lock Pelangan

Promosi juga dapat menggunakan Media kreatif laian yang memungkinkan pembeli melakuakn transaksi pembeliannya melalui url affiliasi Anda
Batas minimum pencairan komisi adalah Rp.25.000,-. Dengan menukarkan 1 poin belanja Anda.
Dana Transaksi

Bursaneka memberikan jaminan 100% uang kembali untuk setiap pembeli yang bertransaksi dengan bursaneka melalui payment system (rekening bersama).

Saat transaksi, pembeli transfer dana tidak langsung ke bursaneka melainkan ke Bursaneka sehingga dana bisa dikembalikan jika bursaneka tidak kirim barang.

Dana pun dapat dikembalikan 100% jika barang tidak sesuai deskripsi bursaneka.

Transaksi dapat dibatalkan oleh Bursaneka jika:

1. Tidak ada konfirmasi pembayaran oleh pembeli selama 1x24 sejak klik Beli.

Pastikan pembeli melunasi dan konfirmasi pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan pada Tagihan Pembayaran (1x24 jam setelah klik Beli).

2. Bursaneka tidak menerima dana pembayaran oleh pembeli.

Pastikan pembeli melunasi pembayaran sesuai nominal yang tertera di Tagihan Pembayaran. Setiap transaksi yang membayar dengan transfer memiliki kode pembayaran (3 digit) yang ditambahkan pada total transaksi.

Pembayaran yang tidak sesuai dengan Tagihan Pembayaran dapat menyebabkan Bursaneka tidak mendeteksi dana yang masuk sehingga transaksi dibatalkan.

Hubungi Bursaneka dengan menyertakan bukti transfer jika telah melunasi pembayaran tidak sesuai nominal di Tagihan Pembayaran.

3. Bursaneka tidak mengirim barang dalam 4x24 jam setelah pembayaran
4. Bursaneka menolak pesanan.
5. Transaksi dibatalkan atas kesepakatan bursaneka & pembeli.

Jaminan 100% uang kembali diberikan kepada pembeli yang bertransaksi dengan bursaneka melalui Bursaneka. Dana transaksi dikembalikan ke VirtualSaldo pembeli jika:

1. Bursaneka tidak mengirim barang dalam 4x24 jam setelah pembayaran.
2. Bursaneka menolak pesanan.
3. Transaksi dibatalkan atas kesepakatan bursaneka & pembeli.
Biaya Kirim
Saat ini Bursaneka mendukung perhitungan ongkos kirim otomatis untuk kurir JNE, POS Indonesia, TIKI, RPX, PCP. Ongkos kirim dihitung berdasarkan kota asal Vendor menuju kota tujuan (pembeli) dikalikan dengan pengakuan berat (bukan volume) barang dari bursaneka.

Pembeli dapat meminta bursaneka untuk menambah asuransi pengiriman dengan cara mencentang kolom Asuransi di halaman Keranjang Belanja.

Bursaneka telah menyesuaikan perhitungan Asuransi sesuai dengan ketentuan kurir yang digunakan untuk pengiriman barang. Hubungi pihak kurir untuk klaim kehilangan atau asuransi barang kiriman.

Jika terjadi kerusakan atau kehilangan akibat kesalahan kurir, maka dana akan Bursaneka tahan hingga ada kesepakatan antara pembeli dan bursaneka terkait transaksi.

Perhitungan ongkos kirim oleh Bursaneka bisa tidak sesuai dengan data kurir dikarenakan beberapa hal:

1. Bursaneka salah mengisi berat barang.
2. Menggunakan perhitungan volume, bukan berat barang.
3. Pihak kurir memperbarui data ongkos kirim.

Jika menemukan data ongkos kirim yang tidak sesuai, segera lakukan koreksi biaya kirim ke cs@bursaneka.com
Pengelolaan Akun
Silakan isi form dengan lengkap, pastikan username Anda, karena username tidak dapat diganti. Pastikan juga email, karena kami akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran dan informasi lain ke alamat email Anda.
Pilihan untuk menghapus Akun dapat Anda gunakan di dasboard user Anda
Klik tombol lupa pasword yang ada di bawah halaman login
Pilihan untuk menghapus Akun dapat Anda gunakan di dasboard user Anda
VirtualSaldo
Pengguna yang memiliki saldo di VirtualSaldo dapat melakukan pencairan dana ke rekening bank pribadi. Pengguna terlebih dahulu melakukan permintaan cairkan dana.

Pengguna dapat mencairkan dana dari saldo VirtualSaldo dengan ketentuan :

1. Minimal pencairan dana sebesar Rp. 25.000
2. Proses pencairan dana hanya bisa dilakukan 1 kali sehari Menukarkan 1 poin belanja
3. Lama waktu transfer dana ke bank rekening pengguna maksimal 24 jam kerja
4. Pencairan dana ke rekening selain Mandiri, BCA. Untuk BRI, BNI & BNI Syariah dikenakan biaya Rp 6.500